Jeruk

 JERUK


Jeruk © atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya. Sebutan "jeruk" kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit. Dalam bahasa sehari-hari, penyebutan "jeruk" atau "limau" (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti "jeruk keprok" atau "jeruk manis". Di Jawa, "limau" (atau "limo") berarti "jeruk nipis". Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies ('interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya. Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus dengan genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda. Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara. Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan sebagai rempah-rempah.

Buah dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai penyedap atau komponen kue/puding. Aroma yang khas berasal dari sejumlah flavonoid dan beberapa terpenoid. "Daging buah" mengandung banyak asam sitrat (harafiah: "asam jeruk") yang memberikan rasa masam yang tajam tetapi segar.

Sejarah

SEJARAH SINGKAT TANAMAN JERUK.Tanaman jeruk adalah tanaman buah tahunan yg berasal dari Asia. Cina dipercaya sebagai tempat pertama kali jeruk tumbuh. Sejak ratusan tahun yg lalu, jeruk sudah tumbuh di Indonesia baik secara alami atau dibudidayakan. Tanaman jeruk yg ada di Indonesia adalah peninggalan orang Belanda yg mendatangkan jeruk manis dan keprok dari Amerika dan Itali.

Jenis jenis Jeruk

  1. Jeruk Nipis

  2. Buah yang sering kita temukan dipasaran mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern ini sangatlah banyak penggemarnya, Buah jeruk nipis merupakan buah yang sering digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan es jeruk dan bahan masakan. Warna buah ini ada yang berwarna hijau, kuning ataupun perpaduan dari warna hijau dan kuning, kulit dari buah ini banyak mengandung minyak atsiri tetapi tipis dan bentuk dari buahnya sendiri adalah bulat.
  3. Jeruk Purut

  4. Bila anda sedang membicarakan jeruk purut maka anda pasti akan berpikir mengenai hantu jeruk purut yang biasanya datang ditandai dengan bau dari jeruk ini. Tetapi itu hanyalah sebuah mitos yang banyak di percaya orang, sebenarnya buah ini merupakab buah yang sangat banyak di sukai di perdagangan internasional karena daun serta buah dari jeruk purut ini dapat digunakan untuk menjadi bumbu dari bahan masakan. Buah ini bila diperdagangan internasional sering disebut dengan Kaffir Lime, buah ini tumbuh dari pohon buah yang kecil yang rantingnya berduri, daun dari buah ini bersusun vertikal, tebal dan memiliki permukaan licin karena berlapis malam. Apabila masih muda warna dari daun jeruk purut ini berwarna ungu.
  5. Jeruk Lemon

  6. Jeruk lemon merupakan salah satu jeruk yang mungkin jaran digunakan di indonesia dan hanya digunakan oleh orang dengan ekonomi menengah dan keatas, bahkan mungkin ada yang tidak tahu bagaimana bentuk dari buah ini dan hanya mengetahui namanya saja mungkin itu diakibatkan harga dari buah ini yang terbilang mahal yang diakibatkan karena di impor dari luar negeri, Sehingga membuat buah ini mungkin akan sangat sulit dan diperkirakan tidak ada yang menjualnya di pasar tradisional di indonesia.Tetapi bila di dunia buah jeruk lemon ini sudah menjadi salah satu bahan wajiba dalam banyak masakan dan minuman di dunia.
  7. Jeruk Sunkist

  8. Jeruk sunkist merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki rasa yang beraneka ragam, buah jeruk sunkist ini memiliki rasa yang manis dan sangat segar. Buah jeruk jenis ini memiliki warna orange cerah dan sangat menggugah selera untuk mengkonsumsinya, kulit dari buah ini tebal sehingga akan membuat kita kesulitan untuk membuka buah ini secara langsung tanpa menggunakan pisau / alat.
  9. Jeruj Brastagi ( medan )

  10. Jeruk lokal yang berasal dari kota medan ini merupakan buah lokal yang sangat terkenal di indonesia karena memiliki rasa yang manis dan segar, bentuk dari buah ini bulat dengan warna yang bervariasi mulai dari hijau, kuning ataupun perpaduan dari warna kuning dan hijau. Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa buah ini memiliki rasa yang manis dengan daging buah berwarna kuning sehingga menjadi buah yang menggugah selera untuk mengkonsumsinya.
  11. Jeruk Murcot

  12. Jeruk Murcot Merupakan jeruk dari florida yang biasa disebut jeruk mandarin atua pun jeruk manis hibrida. Buah ini diperkirakan di kembangkan oleh Derpartemen Pertanian As pada tahun 1916, pohon dari buah jeruk murcot ini tumbuh dengan tegak tetapi dapat juga bengkok karena berat dari buah yang berada pada ujung batang. Masa panen dari buah ini biasanya disekitar bulan januari hingga maret

Maanfaat Jeruk

Untuk KesehatanMembantu kerja usus halus
Mengurangi resiko gangguan pernapasan
Mencegah Katarak
Detoksifikasi Hati
Mencegah Wasir
Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh manusia
Mengatasi Diare dan Sembelit
Mencegah batu empedu
Menyehatkan Jantung
Menyehatkan Jantung
Menurunkan Kolesterol
Mencegah Parkinson
Kesehatan Otak
Mencegah dan Mengobati Kanker
Mengontrol gula darah
Menyehatkan rongga mulut dan gigi
Memberikan perlindungan pada tulang
Mengurangi resiko gangguan pernapasan



Comments